Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah
Indra Kusuma Wardani, S.Si., M.Pd.
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 4D dengan desain penelitian one group pre-test post-test design yang diimplementasikan pada tiga kelas replikasi di FMIPA Unipdu Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan ke-efektifan. Hal ini didasarkan pada tingkat reliabilitas dari setiap kriteria yang menunjukkan persentase lebih dari 80%. Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada setiap kelas replikasi menunjukkan peningkatan n-gain lebih dari 0,3. Nilai n-gain berkriteria tinggi ditunjukkan oleh indikator analisis, perumusan variabel percobaan, identifikasi strategi dan evaluasi solusi. Pada penelitian ini aktivitas mahasiswa dominan pada kegiatan pembelajaran untuk mengerjakan LKM dan melakukan percobaan ilmiah. Berdasarkan temuan-temuan yang didapatkan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Keywords: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/tGF39ATaLxBK