SNIPS 2016 Conference

DESAIN PEMBELAJARAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DENGAN PEMFAKTORAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)
Renny Marlina

Pasca sarjana Universitas Sriwijaya Palembang


Abstract

Salah satu materi yang sulit bagi peserta didik adalah materi KPK dan FPB, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep KPK dan FPB (Dias, 2005; Camli dan Bintas, 2009; Setyaningsih, 2011; Nadeak, Syamsiati dan Suwarjo, 2014). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik memahami konsep KPK dengan pemfaktoran menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode design research, dimana proses pelaksanaan penelitian dipandu oleh suatu instrumen yang disebut HLT (Hyphotetical Learning Trajectory). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Talang Ubi yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes tertulis, dokumentasi dan catatan selama kegiatan berlangsung. Hasil penelitian pada tahap pilot experiment adalah dari 6 orang peserta didik sebagai kelas small group dengan kemampuan akademik berbeda, yaitu 2 peserta didik berkemampuan tinggi, 2 peserta didik berkemampuan sedang, dan 2 peserta didik lagi berkemampuan rendah. Selanjutnya penelitian dilanjutkan pada teaching experiment, peserta didik telah menunjukkan kemampuan menggunakan faktor-faktor prima untuk menentukan KPK sehingga penelitian dilanjutkan pada tahap kegiatan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK. Dari tiga aktivitas yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa peserta didik dapat menentukan KPK dengan pemfaktoran prima dengan bantuan kartu blok prima. Keberhasilan ini didukung oleh kesiapan guru dalam merancangaktivitas yang berkenaan dengan konteks kehidupan nyata peserta didik.

Keywords: Pembelajaran KPK dengan pemfaktoran, pendekatan PMRI, design research.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/tTHACpUwqW2r

Web Format | Corresponding Author (RENNY MARLINA RENNY)