ANALISIS FAKTOR MAHASISWA MEMILIH KULIAH ( Penelitan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
R.A. Marlien; MS. Eric Santosa; Bambang Suteja
Universitas Stikubank Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengekplorasi faktor-faktor apa saja yang menjadi pilihan mahasiswa kuliah di perguruan tinggi. Analisis faktor yang digunakan untuk langkah awal mengidentifikasi indikator-indikator yang dibutuhkan untuk penelitian lanjutan yang lebih kompleks. Uji analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor yang betul-betul membentuk suatu variabel. Sampel yang digunakan mahasiswa yang sudah kuliah dan merasakan proses dan fasilitas pembelajaran yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling non probabiliti yaitu purposive sampling. Temuan ini membantu pengambil keputusan/kebijakan untuk meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru. Hal-hal yang penting diperhatikan tentang fasilitas-fasiltas yang dijanjikan berkaitan dengan pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Program penelusuran bakat dan kemampuan juga masih banyak dikeluhkan, program ini diminati oleh calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang memiliki kemampuan mendapatkan perhatian lebih, meskipun dipermudah masuk tanpa tes masuk juga diberi insentif kemudahan atau keringan keuangan. Kemudahan mendapatkan pekerjaan salah satu yang menjadi keungulan bersaing, maka perlu meningkatkan jaringan alumni untuk meginformasikan kesempatan bekerja.
Keywords: Analisis faktor, minat, citra, promosi
Topic: Manajemen Pemasaran