Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Gerak
Ajeng Suryani, Parsaoran Siahaan, dan Achmad Samsudin
Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang perlu dilatihkan pada siswa untuk mengimbangi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad 21 ini. Saat ini intrumen evaluasi keterampilan proses sains hanya berupa lembar observasi yang kadangkala memberikan celah untuk guru menilai siswa secara subjektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen tes untuk keterampilan proses sains siswa SMP pada materi gerak. Indikator yang digunakan pada intrumen ini terdiri dari enam indikator sesuai yang dikemukaan oleh Dewi (2008), sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D). Tahapan pengembangan instrumen tes ini adalah membuat indikator soal, membuat soal, judgement oleh ahli materi dan ahli evaluasi, revisi soal, uji coba, dan mengimplementasikan soal di sekolah, yaitu di SMP Negeri 12 Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intrumen tes yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai intrumen tes keterampilan proses sains siswa SMP pada materi gerak.
Keywords: intrumen tes, keterampilan proses sains, gerak
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/twqEgzLv2jZX