SNIPS 2016 Conference

Peningkatan Kemampuan Inkuiri Siswa SMP melalui Pembelajaran Inkuiri pada Topik Kalor dan Perpindahannya
Muhammad Rizal Hardiansyah*, Ari Widodo**, Any Fitriani**

* Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
** Departemen Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Studi ini dilakukan untuk mempelajari peningkatan kemampuan inkuiri yang dimiliki siswa setelah melaksanakan model pembelajaran berbasis inkuiri yang dilakukan di SMPN 30 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Mix-Method dengan desain The Static-Group Pretest-Posttest Design. Sejumlah siswa kelas VII (n = 74) terlibat sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan inkuiri (pretest dan posttest) dan lembar observasi aktifitas kemampuan inkuiri. Teknik pengolahan data menggunakan uji N-gain dan uji-t. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, H1 diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan inkuiri yang signifikan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvesional. Hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui model pembelajaran inkuiri memiliki rata-rata N-gain 0,70 (kategori tinggi) yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvesional yang memiliki rata-rata N-gain 0,48 (kategori sedang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan inkuiri yang lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional.

Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Inkuiri

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ty7V3PaqcFeM

Web Format | Corresponding Author (Muhammad Rizal Hardiansyah)