SNIPS 2016 Conference

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MERANCANG PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI MELALUI PELATIHAN GURU TIPE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA
Anggi Indra Gumilar ; Yayan Sunarya; Mulyati Arifin

Departemen Pendidikan Kimia Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru kimia dalam merancang praktikum berbasis inkuiri melalui pelatihan guru tipe scaffolding. Hasil studi pendahuluan terhadap kemampuan merancang praktikum berbasis inkuiri guru kimia SMA di Kabupaten Sumedang, diperlukan upaya pengembangan. Peneliti memilih pelatihan guru tipe Scaffolding untuk memecahkan masalah. Penelitian dilakukan terhadap 24 orang guru kimia yang terlibat aktif di dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia SMA Kabupaten Sumedang. Instrumen yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir mengenai kemampuan merancang praktikum berbasis inkuiri, dan angket tanggapan guru terhadap pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan merancang praktikum berbasis inkuiri meningkat dengan rerata N-gain adalah 0,8 atau berada pada kategori tinggi. Kemampuan mengkaji fenomena kontekstual dan menyusun pertanyaan pengarah memiliki rerata N-gain paling tinggi yaitu 0,9. Tanggapan guru terhadap pelatihan secara umum memberikan respon positif, ditunjukkan dengan kriteria persentase tanggapan guru pada kategori kuat dan sangat kuat. Meskipun pelatihan guru tipe scaffolding baru diterapkan di MGMP Kimia akan tetapi hasilnya mampu mengembangkan kemampuan guru dalam merancang praktikum berbasis inkuiri dan memberikan keyakinan bagi guru untuk mengimplementasikan di kelas.

Keywords: praktikum berbasis inkuiri; pelatihan tipe scaffolding

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/uDnNLPEZVFBf

Web Format | Corresponding Author (anggi indra gumilar)