SNIPS 2018 Conference

Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Lokal melalui Pendekatan Lingkungan pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa.
Mamat Arohman, M.Pd1,a); Dr. Saefudin2,b); Dr. Didik Priyandoko3,c)

1. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
2. Departemen Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia
3. Departemen Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar bermuatan lokal melalui pendekatan lingkungan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one group pretes posttest design. Penelitian ini diterapkan pada satu kelas siswa kelas VII di MTs Nurul Ikhsan Belawa Kabupaten Cirebon dengan jumlah sampel 26 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk menjaring kemampuan literasi sains digunakan alat tes pilihan ganda yang diadaptasi dari TOSLS, Skor rata-rata N-gain Literasi Sains diperoleh sebesar 0.45 termasuk ke dalam kategori sedang.

Keywords: Literasi sains, pendekatan lingkungan, Ekosistem.

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/uKVGLzwPxNQ2

Web Format | Corresponding Author (mamat Arohman)

PDF (618 kB)