SNIPS 2016 Conference

Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konflik Kognitif dengan Metode Eksperimen pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa
Dindin Nasrudin (a}*, Herni Yuniarti Suhendi (a), Ida Hamidah (b), Lilik Hasanah (b)

(a) Prodi Pendidikan Fisika
UIN Sunan Gunung Djati Bandung


(b) Prodi Pendidikan IPA
Sekolah Pascasarjana UPI Bandung


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan penguasaan konsep siswa SMA pada materi Suhu dan Kalor setelah mendapatkan pembelajaran dengan model siklus belajar 5E berbasis konflik kognitif melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilatar belakangi hasil studi pendahuluan pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bekasi yang menyatakan bahwa penguasaan konsep Fisika masih rendah. Rendahnya penguasaan konsep siswa disebabkan karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menyebabkan kurangnya pengalaman belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.9 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bekasi yang diperoleh melalui teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model siklus belajar 5E berbasis konflik kognitif dengan metode eksperimen dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. Hal ini terlihat pada perolehan nilai rata-rata N-Gain penguasaan konsep sebesar 0,57 (kategori sedang).

Keywords: model siklus belajar 5E, konflik kognitif, metode eksperimen, penguasaan konsep

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/uce62WdfEZ4F

Web Format | Corresponding Author (Dindin Nasrudin)

PDF (435 kB)