SKF 2015 Conference

PENGGUNAAN PENGAJARAN BERBASIS MODEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SISWA
Zainal Hartoyo

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pembelajaran berbasis model ilmiah dan mengujinya pada pembelajaran dengan materi elastisitas bahan untuk meningkatkan kemampuan memahami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada siswa kelas X di salah satu sekolah menengah atas (SMA) di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampling menggunakan metode sampling kelompok (cluster sampling). Pengumpulan data menggunakan tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan memahami siswa, dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen dengan SPSS 22 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan memahami siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis model ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis model ilmiah secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan memahami siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Keywords: model ilmiah, elastisitas bahan, kemampuan memahami, dan pembelajaran konvensional.

Topic: Physics

Link: https://ifory.id/abstract-plain/uf4MhBnXqP8c

Web Format | Corresponding Author (Zainal Hartoyo)

PDF (1,676 kB)