Analisis Sikap Siswa SMA terhadap Lingkungan dan Pemecahan Masalah Pencemaran melalui Pembelajaran Berbasis Proyek
Nani Rina Suryani
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Abstrak Sampah merupakan sisa kegiatan manusia. Sampah tersebut akan menjadi masalah jika dibiarkan menumpuk dan tidak terkelola dengan baik. Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh sampah yaitu pencemaran tanah, air, dan udara. Pemecahan masalah sampah dalam mencegah pencemaran bukan hanya tugas pemerintah tetapi seluruh masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran yaitu dengan melakukan pemilahan sampah dan daur ulang sampah sesuai dengan jenisnya. Kemampuan pemecahan masalah lingkungan juga menjadi salah satu tuntutan yang terdapat dalam kompetensi dasar bagi siswa sekolah menengah atas, sehingga siswa dapat bersikap dan berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis sikap siswa sma terhadap lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah pencemaran melalui pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen lemah dengan desain pretest-posttest group design. Penelitian dilakukan di kelas X di salah satu SMA di purwakarta dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara acak berkelompok (cluster random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes skala sikap, soal pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji t terhadap nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada sikap dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran berbasis proyek. Kemampuan pemecahan masalah menunjukkan peningkatan dan berada pada kategori sedang, dan interpretasi sikap siswa terhadap lingkungan dalam melaksanakan proyek daur ulang sampah tergolong dalam kategori positif.
Keywords: pembelajaran berbasis proyek, sikap terhadap lingkungan, kemampuan memecahkan masalah
Topic: Pembelajaran