Faktor Penentu Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
Endri
Universitas Mercu Buana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan (company-s size), muslim di dewan direksi (muslim on board), wanita di dewan direksi (woman on board), usia perusahaan (company-s age), kepemilikan asing (foreign ownership), efek syariah perusahaan (Islamic securities), profitabilitas (profitability), likuiditas (likuidity), leverage (leverage) terhadap pengungkapan Islamic Social Report pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam rentang tahun 2011-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2011-2017. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan sektor industri barang konsumsi. Teknik analisis menggunakan Model Analisis Regresi Data Panel. Analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (company-s size), usia perusahaan (company-s age), profitabilitas (profitability), berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Report (ISR) pada Perusahaan Sektor Pertanian dan Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi. Sementara itu, muslim di dewan direksi (muslim on board), wanita di dewan direksi (woman on board), kepemilikan asing (foreign ownership), efek syariah perusahaan (Islamic securities), likuiditas (likuidity), leverage (leverage) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Report pada Perusahaan Sektor Pertanian dan Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi
Keywords: Islamic Social Reporting, Indeks Saham Syariah Indonesia, industi barang konsumsi
Topic: Manajemen Keuangan