FMI 2019 Conference

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA UMKM KERAJINAN PURUN DI BANJARBARU
Lydia Goenadhi; Fadma Yulianti

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE Indonesia) Banjarmasin


Abstract

Kerajinan purun merupakan sentra UMKM menjadi unggulan daerah karena memiliki nilai sejarah dan menjadi ciri khas kota Banjarbaru khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya, yang mempunyai peluang untuk dapat dikembangkan lebih maju lagi dalam memperkuat perekonomian daerah dan untuk meningkatkan daya saing kerajinan purun secara berkelanjutan.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis SWOT sebagai dasar untuk meningkatkan daya saing kerajinan purun di Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Data diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data melakukan wawancara tidak terstruktur kepada UMKM Kerajinan Purun, hal-hal yang akan ditanyakan belum ditetapkan secara rinci. Hasil penelitian yang diperoleh dari total matriks IFE untuk kerajinan purun adalah sebesar 3,45 dan nilai total matriks EFE untuk kerajinan purun sebesar 3,38.Kerajinan purun berada dalam kuadran 1 pada strategi agresif yaitu posisi bertumbuh dan membangun. Strategi yang harus diterapkan pada UMKM kerajinan purun adalah pertumbuhan yang agresif yaitu bertumbuh dan membangun.Matriks (QSPM), untuk hasil dari kerajinan penetrasi pasar untuk nilai TAS sebesar 5,61. TAS untuk perluasan pasar sebesar 6,85 dan TAS untuk pengembangan produk sebesar 7,28. Pengembangan produk mempunyai nilai tinggi, sehingga strategi inilah yang direkomendasikan untuk kerajinan purun untuk mempertahankan kelanjutan usaha,dengan motif anyaman lebih indah, kaya warna, banyak variasi model dan ukuran, dan harga yang lebih bersaing

Keywords: kerajinan purun, strategi SWOT

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/vQ4AfK6DgZu8

Web Format | Corresponding Author (Lydia goenadhi)