SNIPS 2018 Conference

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
Faqih Faldiansyah Pratama(*), Cecep E Rustana, Sunaryo

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Kampus A UNJ, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia

*aldi.pratama.ff[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis model problem based learning pada materi listrik dinamis dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan video yang dikembangkan dalam pembelajaran dikelas. Hal yang mendasari penelitian ini ialah kurikulum 2013 revisi yang menekankan pembelajaran yang mandiri, aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mixed methods), yang terdiri dari penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen. Metode penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penilaian media menggunakan skala Likert sementara pengukuran hasil belajar siswa dalam ranah kognitif menggunakan uji gain ternormalisasi dengan instrumen pre-test dan post-test. Konten dari video yang dikembangkan terdiri dari penjelasan materi, animasi, dan contoh soal yang akan ditampilkan berdasarkan tahapan model problem based learning. Penggunaan video dalam pembelajaran akan disertakan dengan lembar kerja siswa yang terintegrasi dengan video.

Keywords: video pembelajaran, problem based learning, listrik dinamis, hasil belajar

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/vgBQa7Z42kzw

Web Format | Corresponding Author (Faqih Faldiansyah Pratama)