SNIPS 2016 Conference

Pembelajaran Prinsip dan Aplikasi Instrumentasi dan Kontrol Pada Mahasiswa Lintas Disiplin Tahun Pertama di Institut Teknologi Bandung
Estiyanti Ekawati, Agustinus Tua Tamba

Program Studi Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung


Abstract

Penguasaan terhadap prinsip dan aplikasi desain kerekayasaan merupakan salah satu capaian pembelajaran pendidikan tinggi sarjana bidang rekayasa. Hal ini telah digariskan, baik pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang mendasari penyusunan kurikulum pendidikan di Indonesia, maupun pada kriteria capaian pembelajaran berbagai lembaga akreditasi internasional, seperti ABET, ASIIN e.v. dan JABEE. Di Institut Teknologi Bandung (ITB), upaya mencapai penguasaan prinsip dan aplikasi kerekayasaan dirintis sejak dini melalui kuliah KU1101 Pengenalan Rekayasa dan Desain I (PRD I) dan KU1201 Pengenalan Rekayasa Desain II (PRD II) yang merupakan mata kuliah wajib untuk seluruh mahasiswa ITB pada tahun pertama sejak berlakunya Kurikulum ITB 2013. Pelaksanaan kedua kuliah ini diorganisasikan dalam enam kluster Fakultas dan Sekolah di ITB. Dalam struktur tersebut, jumlah mahasiswa yang besar, jenis fakultas dan sekolah serta jenis keahlian dosen yang beragam pada satu kluster merupakan aset yang perlu dikelola dengan baik agar mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Paper ini fokus pada pelaksanaan pembelajaran prinsip dan aplikasi instrumentasi dan kontrol, yang merupakan bagian dari topik mata kuliah KU1101 PRD I di kluster II di ITB. Pada Semester I Tahun Akademik 2015-2016, kluster II melibatkan 702 orang mahasiswa dan 10 dosen dari berbagai program studi dari Fakultas Teknologi Industri, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dan Sekolah Farmasi. Untuk dapat memahami tantangan pengelolaan mahasiswa dan dosen pada kuliah ini, perlu dikenali lebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mata kuliah KU1101 PRD I pada semester I tahun pertama studi di ITB mempersiapkan mahasiswa untuk mengenal dan memahami karakter profesi dan dasar ilmu kerekayasaan dalam bentuk kuliah tatap muka yang dikombinasikan dengan diskusi maupun studi kasus singkat. Topik yang disampaikan meliputi pengenalan identitas dan pengembangan profesi ahli rekayasa, yang meliputi : jenis-jenis profesi kerekayasaan, etika profesi kerekayasaan, organisasi profesi kerekayasaan. Selanjutnya, mahasiswa diingatkan kembali pada konsep yang mendasari seluruh ilmu kerekayasaan, yaitu gaya dan energi. Kemudian disampaikan pengembangan wawasan terhadap berbagai ilmu kerekayasaan, antara lain ilmu rekayasa mekanikal, rekayasa proses, rekayasa biologi, serta bidang rekayasa kembangannya, termasuk konsep dan aplikasi instrumentasi dan kontrol. Akhirnya mahasiswa dikenalkan dengan tahapan kerja dalam desain kerekayasaan. Pembekalan ini dilanjutkan pada mata kuliah KU1201 PRD II di semester II yang membimbing mahasiswa melaksanakan tahapan desain kerekayasaan dalam bentuk studi kasus kerekayasaan yang dilaksanakan secara berkelompok. Pada tahun akademik 2013-2014 serta 2014-2015, mahasiswa dikelompokkan berdasarkan Fakultas/ Sekolah, sehingga pad kluster II terdapat enam kelas yang berisi mahasiswa FIT, dan empat kelas yang berisi kombinasi mahasiswa SITH/SF. Seluruh dosen PRD I

Keywords: Pembelajaran, Instrumentasi dan Kontrol

Topic: Instrumentasi

Link: https://ifory.id/abstract-plain/vhAF3fKDxHWq

Web Format | Corresponding Author (Estiyanti Ekawati)

PDF (614 kB)