PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU KIMIA DALAM MENDESAIN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA TEMA BANJIR
Khaerani Faoziah, S. Pd; Dr. Hayat Sholihin, M. Sc; Prof. Dr. Mulyati Arifin, M. Pd
Indonesia University of Education (UPI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan kegiatan pemodelan praktikum berbasis inkuiri pada tema banjir, mengembangkan kreativitas mahasiswa calon guru kimia dalam mendesain praktikum inkuiri pada tema banjir serta mengidentifikasi tanggapan mahasiswa calon guru kimia terhadap kegiatan pemodelan praktikum berbasis inkuiri pada tema banjir. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain berupa concurrent embedded strategy, terdiri dari tahap studi pendahuluan dan intervensi. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa pada jurusan pendidikan kimia yang sudah mengontrak mata kuliah keahlian (kimia dasar, kimia organik, kimia fisik, kimia analitik, anorganik) dan mata kuliah profesi (evaluasi pembelajaran kimia) terdiri dari: mahasiswa yang sedang menigkuit PPL atau program pengalaman lapangan (sumber data pada tahap studi pendahuluan) serta mahasiswa semester 4 (sumber data pada tahap intervensi. Hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa praktikum kimia di SMA dan LPTK saat ini cenderung masih dilaksanakan dengan dipandu menggunakan sebuah modul atau lembar kerja siswa (LKS) yang berisi intruksi langsung (cookbook) serta mengangkat permasalahan praktikum yang kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, hasil penelitian pada tahap ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa calon guru kimia yang sedang mengikuti PPL belum mampu menghubungkan tema banjir dengan konsep kimia dan praktikum yang dapat dilakukan di SMA, membuat LKS praktikum inkuiri sesuai standar (terdiri dari judul, fenomena, dan beberapa pertanyaan arahan melakukan kegiatan inkuiri) serta membuat instrumen penilaian praktikum. Hasil penelitian pada tahap intervensi menunjukkan bahwa kegiatan pemodelan yang dilakukan dalam dua pertemuan mampu mengembangkan kreativitas mahasiswa calon guru kimia dalam mendesain praktikum berbasis inkuiri pada tema banjir (perolehan N-gain sebesar 70,25%), dengan langkah-langkah terdiri dari: do (melakukan praktikum dengan prosedur umum digunakan), modify (memodifikasi prosedur praktikum dengan memvariasikan salah satu faktor yang mempengaruhi percobaan), do (melakukan praktikum dengan prosedur hasil modifikasi), design (mendesain LKS praktikum inkuiri dengan menggunakan prosedur hasil modifikasi dan instrumen penilaian praktikum). Pemodelan tahap pertama mengkesplor konsep daya bersih larutan deterjen sebagai sistem koloid terhadap noda lemak, pada tahap ini dihasilkan dua judul LKS inkuiri dengan memodifikasi faktor daya bersih seperti waktu pengadukan dan jumlah deterjen. Eksplorasi konsep pada pemodelan tahap kedua berasal dari mahasiswa, pada tahap ini dihasilkan berbagai judul LKS dengan konsep yang berbeda-beda, diantaranya: larutan elektrolit dan nonelektrolit, koloid (sifat dan pembuatan koloid), asam dan basa, serta redoks. Instrumen penilaian yang dihasilkan oleh mahasiswa merupakan instrumen penilaian autentik untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan
Keywords: Kreativitas, mendesain praktikum berbasis inkuiri, banjir
Topic: Pembelajaran (EDU)