Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pemesanan Hotel Secara Online Melalui Traveloka di Kota Denpasar
I Wayan Santika, Komang Agus Satria Pramudana
Universitas Udayana
Abstract
Merek adalah alat yang sangat penting dalam pemasaran. Semakin kuat nilai suatu merek maka semakin eksis merek tersebut, terutama dalam hal mendominasi kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi ekuitas merek terhadap keputusan pemesanan hotel secara online melalui Traveloka di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel 200 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemesanan hotel secara online, asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemesanan hotel secara online, persepsi kualitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemesanan hotel secara online, dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemesanan hotel secara online.
Keywords: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, keputusan pembelian
Topic: Manajemen Pemasaran