Penerapan Analisis Video Tracker dalam Pembelajaran Fisika SMA untuk Menentukan Nilai Koefisien Viskositas suatu Fluida
Fitri Marliani*, Sri Wulandari, Maryam Fauziyah, Muhamad Gina Nugraha
Departemen Pendidikan Fisika
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Pendidikan Indonesia
*fitrimarlianifm[at]gmail.com
Abstract
Saat ini banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi komputer.Teknologi komputer tersebut digunakan untuk menganalisis suatu materi pembelajaran yang kompleks menjadi lebih sederhana. Salah satu media teknologi komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA ialah aplikasi Tracker. Dalam penelitian ini aplikasi Tracker digunakan untuk menentukan nilai koefisien viskositas fluida statis. Penelitian dilakukan dengan merekam gerak objek berbentuk bola yang dijatuhkan kedalam tabung berisi oli yang akan ditentukan viskositasnya. Dengan analisis software tracker pada video rekaman, kecepatan terminal bola dalam oli dapat diperoleh yang kemudian dapat digunakan untuk menentukan nilai viskositas oli melalui persamaan stokes yang umumnya diberikan dalam pembelajaran Fisika SMA. Eksperimen viskositas melalui analisis video tracker dilakukan dengan cara yang sederhana serta menggunakan teknik pengolahan data yang tidak terlalu rumit, sehingga metode ini dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menetukan viskositas fluida statis dalam pembelajaran Fisika SMA.
Keywords: Viskositas, Analisis Video Tracker, pembelajaran Fisika SMA
Topic: Pembelajaran (EDU)
Link: https://ifory.id/abstract-plain/wkrHMvpCULRh