SNIPS 2016 Conference

Integrasi Media Integrated Real-life Video and Animation (IRVA) dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Konstruktivis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep
Silka Abyadati*, Dadi Rusdiana, Enjang A. Juanda

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Kesan menghafal rumus masih tersirat pada pembelajaran Fisika SMA yang menyebabkan siswa merasa sulit untuk mempelajari konsep Fisika. Timbulnya kesan yang kurang mendukung ini dapat diatasi dengan melakukan pembelajaran Fisika dengan menghadirkan fenomena kehidupan sehari-hari maupun memanfaatkan teknologi komputer yang efektif dan efisien. Proses menunjukkan contoh fenomena sehari-hari akan membantu siswa dalam membangun konsep (konstruksi) materi Fisika yang dipelajari. Penggunaan media Integrated Real-life Video and Animation (IRVA) dalam pembelajaran Fisika berbasis konstruktivis dilakukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar penguasaan konsep materi Dinamika Rotasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol, dimana media IRVA akan diterapkan di dalam kelas eksperimen. Namun, keduanya belajar dengan tahapan model belajar konstruktivis yang sama yaitu Interpretation Construction (ICON). Dari hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan (N-gain) sebesar 0,47 pada kelas eksperimen dan 0,21 pada kelas kontrol. Hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu tentang media berbantuan komputer yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Integrasi media IRVA dengan model ICON dapat membantu konstruksi konsep materi Dinamika Rotasi sehingga siswa dapat menguasai konsep Fisika dengan lebih baik.

Keywords: integrated real-life video and animation, konstruktivis, penguasaan konsep

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/x62rTFVhGuaz

Web Format | Corresponding Author (silka abyadati)