SNIPS 2016 Conference

Pengembangan Modul Praktikum Transformator Menggunakan Media Berbasis ICT
Rahmi Elzulfiah *, Vina Serevina, Esmar Budi

Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia
*elzulfiahr[at]yahoo.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mandiri berupa modul praktikum fisika menggunakan media berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada pokok bahasan Transformator. Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah ADDIE tersebut diantaranya, Analize (Analisis), Design (Perancangan), Developt (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Modul praktikum fisika ini telah melalui tahap uji validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Persentase capaian hasil uji validasi oleh ahli materi fisika sebesar 88%. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran adalah 94%. Sedangkan hasil uji coba terhadap Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta menunjukkan persentase capaian sebesar 95%. Dengan menggunakan teknik analisis Skala Likert, uji validasi oleh ahli materi fisika dan ahli media pembelajaran serta uji coba terhadap Mahasiswa Pendidikan Fisika, semua pencapaian menunjukkan predikat baik. Dari penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa modul praktikum fisika menggunakan media berbasis ICT pada pokok bahasan Transformator memenuhi persyaratan dan sangat layak sebagai bahan belajar mandiri bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta.

Keywords: Pengembangan, Modul Praktikum, Transformator, ICT

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/x9VPCARaQumz

Web Format | Corresponding Author (RAHMI ELZULFIAH)