SNIPS 2015 Conference

Studi Analisis Pembelajaran Aktif Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Inklusi dengan Menggunakan Pendekatan Model Spin Elektron
Okky Fajar Tri Maryana 1), Ratih Rizki Retinofa2),

1)Fisika Magnetik dan Fotonik, Departemen Fisika, Fakultas MIPA, Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10, Bandung 40132, Jawa Barat
2)Program Profesi Psikologi Pendidikan, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia
Kampus UI, Depok, 16424, Jawa Barat


Abstract

Pemahaman terhadap faktor-faktor pembelajaran aktif mata pelajaran sains semakin diperlukan dunia pendidikan saat ini. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam mencapai penanaman karakter sekaligus transfer pengetahuan mata pelajaran sains kepada peserta didik, khususnya bidang studi fisika. Perihal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah dengan konsep inklusi yang sekarang mulai banyak mendapat perhatian oleh pemerintah dan berbagai elemen masyarakat. Sebuah konsep pendidikan sekolah yang ramah bagi semua anak. Penelitian melalui model pendekatan analogi fisis elektron ber-spin telah dilakukan pada rancangan pembelajaran aktif fisika di kelas inklusi dan telah berhasil didapatkan beberapa informasi penting. Kemudian, dengan menggunakan metode analitik Effective Medium Approximation didapatkan faktor penting lain yang mempermudah munculnya pembelajaran aktif mata pelajaran fisika yaitu berkaitan dengan posisi duduk siswa di kelas.

Keywords: fisika, effective medium approximation, elektron, pembelajaran aktif, sekolah inklusi

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/xDLBYngj7Rhr

Web Format | Corresponding Author (Okky Fajar Tri Maryana)

PDF (362 kB)