SNIPS 2016 Conference

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IXA3 SMP NEGERI 2 LUWUK
RACHMAD LASAKA

SMP NEGERI 2 LUWUK


Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa hasil belajar siswa pada materi Bilangan Berpangkat masih sangat rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan Berpangkat melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Luwuk kelas IXA3. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan Berpangkat.

Keywords: Bilangan Berpangkat, hasil belajar, Discovery Learning

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/xXnEVUJaCDRH

Web Format | Corresponding Author (RACHMAD LASAKA)

PDF (437 kB)