PENERAPAN PEMBELAJARAN RME
Nugro Wicokro
SMAN 1 PLUMBON, KABUPATEN CIREBON
Abstract
ABSTRAK “Penerapan Model Pembelajaramn RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Hasi Belajar Matematika Materi Geometri Bidang Pada Siswa Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Plumbon Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Siswa masih enggan untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran. Selain itu, nilai hasil tes formatif (hasil belajar aspek kognitif) siswa pada materi pertidaksamaan nilai mutlak masih rendah. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan Penerapan Model Pembelajaramn RME (Realistic Mathematics Education) pada materi belajar berikutnya.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Plumbon pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan meliputi langkah-langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengamatan dan refleksi. . Kegiatan pembelajaran berulang dalam 2 siklus. Untuk memperoleh data penelitian hasil belajar instrument yang digunakan adalah soal post test yang digunakan di setiap akhir siklus. Sedangkan untuk memperoleh data hasil motivasi belajar siswa instrument yang digunakan adalah lembar observasi motivasi belajar dan angket motivasi belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) baru diterapkan setelah hasil pembelajaran sebelumnya yang tergolong hanya mencapai nilai rata-rata 63,80 dengan tingkat ketuntasan 21,43 %, pada materi belajar pertidaksamaan nilai multak kemudian guru penggunaan model pengajaran RME (Realistic Mathematics Education) pada materi yang berbeda yaitu geometri bidang berbantuan LKS pada siklus 1 materi pembelajaran titik dan garis dengan hasil belajar mencapai rata-rata 72,97 dan tingkat ketuntasan belajar 73,80 dan pada siklus 2 dengan materi pembelajaran sudut ,mencapai rata-rata 79,29 dengan tingkat ketuntasan 100%
Keywords: Model Pembelajaran (RME) Realistic Mathematics Education dan Geometri Bidang
Topic: Pembelajaran