SNIPS 2015 Conference

PENGARUH BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Elva Firma

Sekolah Pasca sarjana Program Pendidikan Fisika
Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Berdasarkan pengamatan, rendahnya hasil belajar siswa tampak dari kurangnya respon yang diberikan siswa tehadap pertanyaan dan penjelasan guru selama pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh ketersediaan buku belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan bahan ajar dalam seting pembelajaran science technology society (STS) terhadap hasil belajar fisika siswa, yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini berupa pra eksperimental dengan rancangan randomized control group only design. Instrument yang digunakan untuk menjaring pencapaian hasil belajar aspek kognitif berbentuk soal objektif, sedangkan aspek psikomotor dan aspek afektif menggunakan lembar observasi. Berdasarkan anlisis data yang dilakukan diketahui bahwa siswa yang menggunakan bahan ajar dalam seting STS memiliki hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan bahan ajar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan bahan ajar dalam seting pembelajaran STS terhadap hasil belajar siswa.

Keywords: Bahan ajar, pembelajaran STS, hasil belajar

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/yGrHbx2ghjnX

Web Format | Corresponding Author (Elva Firma)

PDF (301 kB)