Pengaruh Moel Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Najla Sekar Manedza (a*), Tri Isti Hartini (b), Sugianto (b)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian dilakukan di MAN 2 Kota Bekasi dikelas XI IPA 3 dengan materi pembelajaran alat optik pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu PreEksperiment Design, sementara teknik pengambilan subjek penelitin adalah Simple Random Sampling. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 35 orang dari kelas XI IPA 3. Setelah data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang diperoleh t_(hitung ) = 2, dengan t_(tabel (α = 0,05)) = 1,691 dan t_(tabel (α = 0,01)) = 2,440 sehingga dapat disimpulkan t_(hitung ) = 2,453 > t_(tabel (α = 0,05)) = 1,691 ; t_(hitung ) = 2,453 > t_(tabel (α = 0,01)) = 2,440. Maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh medel pembelajaran generative terhadp hasil belajar.
Keywords: Pembelajaran Generatif, Konsep Matematis, Hasil Belajar Siswa
Topic: Physics