SNIPS 2015 Conference

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Field Trip ke Bangka Botanical Garden (BBG) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Mutiara Zanzibar*, Hertien Koosbandiah Surtikanti

Universitas Pendidikan Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing melalui kegiatan field trip ke Bangka Botanical Garden (BBG). Penelitian ini merupakan penelitian weak eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Namang Kabupaten Bangka Tengah. Sampel diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan tes akhir pada soal keterampilan berpikir kreatif yang diukur dengan menggunakan tes essai. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik uji normalitas dan uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test) menggunakan bantuan SPSS 21 for Windows dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing melalui kegiatan field trip ke Bangka Botanical Garden (BBG) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan rerata N-Gain 0,59 yang termasuk kategori sedang.

Keywords: Inkuiri terbimbing, Field trip, Keterampilan berpikir kreatif

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/yU8m7RN9P6rJ

Web Format | Corresponding Author (mutiara zanzibar)

PDF (258 kB)