SNIPS 2016 Conference

Profil Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Instrumen Three-Tier Test
Chaerul Rochman*, Herni Yuniarti Suhendi, dan Dindin Nasrudin

UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan instrumen three tier test pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment kepada sampel sebanyak 80 mahasiswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis berupa soal tes pemahaman konsep taksonomi Bloom Revisi dalam bentuk tes pilihan ganda dengan pola three tier test sebanyak 20 butir soal. Tes disusun melalui tiga fase, yaitu (1) defining the content boundaries; (2) identifying students� misconceptions; dan (3) developing instrument.

Keywords: miskonsepsi, three tier test

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/yY4NbtdenXma

Web Format | Corresponding Author (Herni Yuniarti Suhendi)

PDF (739 kB)