SNIPS 2015 Conference

Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) pada Fisika
Agus Budiyono, Dadi Rusdiana dan S. Ida Kholida

Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia
Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia
Pendidikan Fisika Universitas Islam Madura


Abstract

Pembelajaran fisika menitikberatkan pada pembelajaran inkuiri, Pembelajaran inkuiri dengan kegiatan praktikum akan melibatkan siswa secara langsung dalam berbagai aktivitas. Selain itu, hal lain yang perlu dikembangkan pada siswa adalah kemampuan argumentasi. tujuan pendidikan sains tidak hanya penguasaan konsep-konsep ilmiah, tetapi juga belajar bagaimana untuk terlibat dalam wacana ilmiah. pembelajaran yang mampu memfasilitasi kedua hal tersebut adalah argument based acience inquiry (ABSI), kompunen utama dalam ABSI yaitu inkuiri dan argumentasi, ABSI mempunyai karakteristik: (1) Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri secara berkelompok, (2) Siswa bertukar pemahaman dalam kelompok dalam bentuk beradu argumen berdasarkan data hasil praktikum, (3) Membandingkan ide-ide sains dari hasil diskusi kelompok dengan buku atau sumber lainnya melalui diskusi kelas dan saling beradu argumen antar kelompok.

Keywords: Pembelajaran, Argumentasi, Inkuiri Sains

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ywDMpKNBn3FE

Web Format | Corresponding Author (Agus Budiyono)

PDF (352 kB)