PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI
Wiwien Savithri Maharanti*, Mangasi Alion Marpaung, Desnita
Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Dunia pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter masyarakat. Kurikulum 2013 diterapkan dalam pendidikan di Sekolah dengan tujuan menghasilkan siswa yang memiliki karakter sebagai penerus bangsa dimasa depan. Lembar Kerja Siswa merupakan suatu media pembelajaran yang efektif untuk diterapkan karena dapat merangsang peserta didik berfikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media berupa bahan ajar pada proses pembelajaran yaitu Lembar Kerja Siswa dengan materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall. Bahan ajar didesain dan dikembangkan dengan menggunakan tahapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memiliki pembelajaran saitifik pada kurikulum 2013 dengan berbasis pada masalah. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh para ahli media, ahli materi pembelajaran dan guru fisika SMA. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran pada pokok bahasan pemanasan global di kelas XI SMA.
Keywords: Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, pemanasan global
Topic: Pembelajaran
Link: https://ifory.id/abstract-plain/z8Lyk9ZjT2dR
Web Format | Corresponding Author (wiwien savithri maharanti)