SNIPS 2018 Conference

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (TPOT) DAN THIN TALK WRITE (TTW)
Dr. Kartini Hutagaol dan Meti Tambunan

Jl. Kolonel Masturi no.288 Parongpong, Bandung Barat 40559
Unversitas Advent Indonesia


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP sebagai akibat dari penelitian. Penelitian dengan desain komparatif ini dilakukan dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperatif yaitu tipe The Power Of Two (TPOT) dan tipe Think Talk Write (TTW). Sampel dalam penelitian ini dua kelas VII SMPN 3 Lembang, Bandung Barat. Sebagai Kelompok 1 adalah kelas VII B (The Power Of Two) dan sebagai kelompok 2 adalah kelas VII C (THink Talk Write). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang berupa tes uraian dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe The Power Of Two (TPOT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) termasuk dalam kategori sedang,. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang memperoleh model kooperatif tipe The Power Of Two (TPOT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). (3) Siswa sangat suka dengan model pembelajaran kooperatif The Power Of Two (TPOT) dan siswa biasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW).

Keywords: Kemampuan Pemahman Konsep Matematis, Pembelajaran Kooperatif, The Power Of Two (TPOT), Think Talk Write (TTW)

Topic: Pembelajaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/zAr2UJ3EvjfF

Web Format | Corresponding Author (Meti Tambunan)