Penerapan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Model 5M dan Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Sekolah dan Madrasah Tsanawiyah Mitra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Chaerul Rochman
Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstract
Penerapan pendekatan saintifik dalam praktek pembelajaran di kelas merupakan langkah yang penting dalam pengembangan kependidikan sains. Penelitian ini merupakan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik model 5M pada pembelajaran fisika di sekolah menengah pertama dan dikaitkan dengan kemampuan literarasi sains. keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik model 5M dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,25% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran pada materi kalor dan penerapannya rata-rata sebesar 73,08 dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,84 katagori tinggi. Jawaban peserta didik berdasarkan katagori literasi sains bervariasi dan bersifat dinamis.
Keywords: Pendekatan saintifik model 5M, literasi sains, Katagori jawaban literasi
Topic: Physics
Link: https://ifory.id/abstract-plain/zZ9KnGhYdFVp