PERBEDAAN TINGKAT ENGAGEMENT KONSUMEN BERDASARKAN TIPE KONTEN INSTAGRAM
Tony Wijaya, Agung Utama, Farlianto
Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat engagement berdasarkan tipe konten Instagram yaitu foto, video dan carousel. Penelitian bersifat ex post facto. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu seluruh post pada akun perusahaan berbasis aplikasi smartphone yang paling populer di Indonesia sejumlah 18.026 post. Tingkat engagement diukur dengan nilai likes dan comments. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria mengutamakan post yang baru daripada post yang lama dengan pertimbangan post yang baru cenderung memiliki engagement yang lebih tinggi sehingga data akan lebih mudah diamati. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara post foto dan post video ditinjau dari likes dan comments, tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post video ditinjau dari likes dan comments, terdapat perbedaan siginifikan antara post foto dan post carousel ditinjau dari likes dan comments, tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post carousel ditinjau dari likes dan comments, tidak terdapat perbedaan antara post carousel dan post video ditinjau dari likes maupun comments, post video dan post carousel memiliki tingkat engagement yang sama baik ditinjau dari likes maupun comments.
Keywords: engagement, likes, comments, foto, video, carousel
Topic: Manajemen Pemasaran