FMI 2019 Conference

INVESTIGASI MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE. STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE
Anas Hidayat, Asmai Ishak, Septiana, Putra Endhi Catyanadika dan Sri Rejeki Ekasasi

Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen- YKPN, Yogyakarta


Abstract

Industri e-commerce di Indonesia kian berkembang sejalan dengan semakin tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia. Sayangnya banyak dari pengguna internet di Indonesia masih tidak yakin untuk berbelanja online karena kurangnya kepercayaan pembeli dengan penjual dan penyedia jasa. Shopee adalah salah satu contoh dari sedikit perusahaan e-commerce yang berhasil menggaet konsumen dalam waktu singkat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen Shopee untuk melakukan transaksi secara online. Penelitian ini menggunakan survei kuesioner yang dibagikan pada pelanggan yang sedang atau pernah bertaransaksi menggunakan aplikasi Shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 168 responden. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak WarpPLS versi 6. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi nilai, dan minat beli secara positif berpengaruh pada keputusan konsumen untuk bertransaksi secara online menggunakan aplikasi Shopee.

Keywords: Kepercayaan, Persepsi Nilai, Minat Beli, keputusan Pembelian, dan E-Commerce

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/6GEqj8cLQwvW

Web Format | Corresponding Author (ANAS HIDAYAT)