SNIPS 2015 Conference

Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Marfi Ario

Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
marfiario[at]gmail.com


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian the pretest-post-tes two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI salah satu SMK di Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah 76 siswa yang berasal dari dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis. Temuan pada penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kategori KAM terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (4) ditinjau dari KAM siswa, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing hanya berbeda pada kategori KAM sedang.

Keywords: penalaran, pembelajaran berbasis masalah, penemuan terbimbing, KAM.

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/6KyNAnt9JE8C

Web Format | Corresponding Author (Marfi Ario)