FMI 2019 Conference

KEPUTUSAN PEMBELIAN : PERSPEKTIF KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK
Erna Sofriana Imaningsih, Rahma Irayanti Siregar

Universitas Mercu Buana Jakarta


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengosumsi Bikuit Roma Sari Gandum Sandwich di Kota Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Non-Probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Analisis data yang dilakukan adalah dengan mengunakan analisis deskriptif dengan cara menganalisa data melalui aplikasi Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T statistiknya sebesar 2.118; variabel harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T statistiknya sebesar 1.030; variabel citra merek (brand image) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T statistiknya sebesar 2.514. Dengan demikian sebaiknya perusahaan PT Mayora Indah harus terus meningkatkan kualitas produk, penentuan harga bersaing dan meningkatkan citra merek karena hal ini mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian Biskuit Roma Sari Gandum Sandwich.

Keywords: Kualitas Produk, Harga, Citra merek, Keputusan Pembelian

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/FgmCLw3vtDqR

Web Format | Corresponding Author (Erna Sofriana Imaningsih)