FMI 2019 Conference

PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP BRAND EQUITY DAN IMPLIKASINYA PADA BRAND PREFERENCE PENGGUNA SEPATU OLAHRAGA BRAND NIKE DI KOTA SAMARINDA
Amiril Azizah, Ahyar M. Diah, Surahman, Andi Syarifuddin

Politeknik Negeri Samarinda


Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Brand Nike di Kota Samarinda dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 120 responden. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument penelitian berupa kuesioner dengan skala linkert 5. Untuk pengujian data digunakan SPSS 17.0 dan SEM (Structural Equation Model)/AMOS dengan CFA (Confirmatroy Factor Analysis). Hasil pengujian data menunjukkan bahwa semakin kuat Brand Personality Nike yang dipersepsikan oleh pengguna Nike sebagai brand yang,berkepribadian tulus, tangguh, egois, modern, berkualitas serta prestise maka semakin pengguna Nike diKota Samarinda meningkatkan Brand Equity Nike dan akan membentuk Brand Preference pengguna sepatu olahraga merek Nike di Kota Samarinda. Hasil temuan penelitian tidak berbeda dengan grand theory yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini relative kecil yakni hanya berjumlah 120 responden hal ini tentu saja kurang mampu menggambarkan keadaan real pengguna sepatu olahraga merek Nike di Kota Samarinda.

Keywords: Brand Personality, Brand Equity, dan Brand Preference, NIKE

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/HTC4QvDBGEhU

Web Format | Corresponding Author (Ahyar Muhammad Diah)