FMI 2019 Conference

PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN MCDONALD-S DI KOTA SAMARINDA
Della Olivia Caterina K, Indah Martati, Satryawati

Politeknik Negeri Samarinda


Abstract

McDonald-s merupakan salah satu restoran cepat saji yang ada di Samarinda. Untuk memenangkan pasar, setiap restoran memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, tempat dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variable penghubung. Objek dari penelian ini adalah pelanggan McDonald-s Samarinda. Sampel yang digunakan yaitu 144 responden dengan pendekatan pengambilan sampel secara kebetulan (accidental sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, didistribusikan kepada responden, kemudian dianalisis dengan menggunakan skala Linkert kuesioner 5 dan alat analisis Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga, tempat, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Keywords: Harga, Tempat, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

Topic: Manajemen Pemasaran

Link: https://ifory.id/abstract-plain/ThvFW2YQd73m

Web Format | Corresponding Author (Ahyar Muhammad Diah)