SNIPS 2017 Conference

Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Multiple External Representation Materi Fluida Dinamik
Nina Margalena (1,a), Sapto Hermawan (2,b)

1Guru Mata Pelajaran Fisika, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cisarua Bandung Barat,
Jl. Kolonel Masturi No. 64 Cisarua, Bandung Barat, Indonesia, 40551

2Departemen Pendidikan Fisika,
Prodi Pendidikan Fisika,
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia,
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154


a) nina.margalena[at]yahoo.co.id (corresponding author)
b) sapto.hermawan[at]student.upi.edu (corresponding author)


Abstract

Pembelajaran menggunakan Multiple External Representation adalah sebuah teknik pembelajaran yang meyampaikan pokok materi kepada siswa/i menggunakan berbagai jenis representasi. Representasi tersebut terdiri dari Representasi Verbal, representai gambar, representasi audio/visual, dan representasi matematis. Digunakanya berbagai representasi tersebut ditujukan supaya siswa/i bisa lebih memahami pokok materi yang disampaikan dengan kebebasan memilih untuk mereka, dari representasi yang mana bisa membuat mereka lebih cepat mengerti dan dicobakan kembali dalam pengerjaan latihan-latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan pemecahan masalah siswa SMA setelah dilakukan pembelajaran Fisika menggunakan Multiple External Representation pada materi Fluida Dinamik. Metode penelitian yang diterapkan adalah Pre-Experimental dengan desain One-Shot Case Study. Penilitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus diperoleh nilai mean siklus 1 = 59,47; nilai mean siklus 2 = 80,48; dan nilai mean siklus 3 = 89.46 dari nilai kemampuan pemecahan masalah materi Fluida Dinamik. Nilai ini dijabarkan kedalam kategori kemampuan pemacahan masalah menurut Rosengrant-ways yakni, missing, Inadequate, Needs Some Improvement dan Adequate. Hasil data ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.

Keywords: Multiple External Representation, Profil Kemampuan Pemecahan Masalah, fluida Dinamik

Topic: Pembelajaran (EDU)

Link: https://ifory.id/abstract-plain/jQEfKeD8XY6u

Web Format | Corresponding Author (Sapto Hermawan)