Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia Makassar
Serlin Serang dan Suriyanti
Universitas Muslim Indonesia
Abstract
Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) yang diberikan dosen dan karyawan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner, observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode inferensial statistik yakni dengan menggunakan metode statistik regresi linear berganda untuk mengukur Pengaruh Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap. Jaminan, dan Empati terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia Makassar. Berdasarkan uji F variabel bebas (Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap. Jaminan, dan Empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Kepuasan Mahasiswa). Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa tingkat korelasi hubungan antara Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap. Jaminan, dan Empati Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia.
Keywords: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya tanggap, jaminan, empati dan Kepuasan mahasiswa
Topic: Manajemen Pemasaran