Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung dengan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada submateri Hukum Kekekalan Energi
Yuly Hermaeni (a*), Prof. Dr. Yetti Supriyati,M.Pd (a), Dr. Esmar Budi,M.T (a)
a) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Jalan Rawamangun Muka, 13220
*yulyhermaeni[at]gmail.com
Abstract
Hukum kekekalan energi merupakan salah satu submateri dalam bab Usaha dan Energi pada materi Fisika kelas X. Untuk mencapai tujuan pembelajaran pada submateri tersebut, diperlukan sebuah strategi pembelajaran. Pada penelitian ini, strategi pembelajaran yang digunakan adalah Strategi Pembelajaran Langsung dengan menggunakan media pembelajaran PhET simulation berjudul energy skate park. Fase-fase yang akan dilakukan pada penelitian ini diantaranya, menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, memberikan bimbingan, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik serta memberikan latihan dan penerapan konsep. Pada makalah ini, kami akan menganalisa apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung dengan menggunakan media pembelajaran PhET simulation berjudul energy skate park terhadap tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada submateri Hukum Kekekalan Energi.
Keywords: Strategi Pembelajaran Langsung; PhET Simulation; Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Hukum Kekekalan Energi
Topic: Pembelajaran