Desain Didaktis Pembelajaran Hukum Hooke Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa Kinanti Mugi Lestari*, Ida Kaniawati, Ridwan Efendi
Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai panduan pembelajaran di kelas memegang peranan yang sangat penting bagi seorang pendidik. Maka, ketika seorang siswa mengalami masalah akademik di sekolah, mungkin saja salah satu faktor yang menyebabkannya yaitu karena terdapat kekurangan dalam RPP yang dijadikan panduan mengajar guru, sehingga dapat membuat siswa mengalami hambatan belajar (Learning Obstacle). Untuk itu, dibuatlah desain didaktis untuk membantu mengurangi hambatan belajar yang dialami siswa. Desain didaktis mencakup prediksi respon siswa, sehingga guru dapat menyiapkan skenario yang dapat dijadikan respon terhadap respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung, dengan sampel yaitu siswa kelas XI dan siswa kelas X. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan Tes Kemampuan Responden kepada sampel. Tes Kemampuan Responden diberikan dua kali; pertama, kepada siswa kelas XI. Dari hasil analisis Tes Kemampuan Responden, diperoleh data mengenai beberapa hambatan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika. Kemudian dibuatlah desain didaktis untuk pembelajaran Hukum Hooke, yang kemudian desain tersebut diimplementasikan pada pembelajaran Hukum Hooke berikutnya di kelas X, sehingga dapat diketahui kefektifan dan keefisiensian desain tersebut terhadap hambatan belajar siswa pada pembelajaran Hukum Hooke.
Keywords: Desain Didaktis, Hambatan Belajar (Learning Obstacles), Hukum Hooke
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):