PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP PADA TEMA TEKNOLOGI Abdul Latip (a*), Anna Permanasari (b)
(a*) Mahasiswa Program Magister Program Studi Pendidikan IPA SPs UPI a_latip12[at]yahoo.com
(b) Dosen Departemen Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains untuk siswa SMP pada tema teknologi. Pengembangan ini didasarkan pada peran multimedia dalam pembelajaran sains yang dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna agar visi literasi sains yaitu membekali siswa dengan pengetahuan konsep sains yang benar serta mampu menerapkan konsep sains pada fenomena kehidupan sehari-hari dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Developement, Implementation, Evaluation), tahap analysis, design, dan development merupakan tahap pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. Sementara tahap implementation dan evaluation merupakan tahap penerapan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains pada pembelajaran di kelas di salah satu sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains terhadap peningkatan capaian literasi sains siswa SMP pada domain konteks sebesar 83,34%, domain pengetahuan sains sebesar 57,02%, domain kompetensi sains sebesar 62,35% dan domain sikap sains sebesar 60,12%. Nilai efektifitas tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis literasi sains memiliki peranan dalam meningkatkan capaian literasi sains siswa SMP pada materi IPA dengan tema teknologi.
Keywords: Multimedia Pembelajaran, Literasi Sains, Sains dan Teknologi, IPA Terpadu
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):