Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perceived Quality, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan Boutique di Tarakan Marso1; Rafiq Idris2
1Departemen Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan Tarakan, Indonesia
2Faculty of Business, Economics & Accountancy, Universiti Malaysia Sabah Kota Kinabalu, Malaysia
Abstract
Persaingan industri ritel yang semakin kompetitif menuntut kemampuan untuk menggunakan strategi yang tepat guna mencapai pangsa pasar yang ditargetkan. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung store atmosphere terhadap perceived quality, pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung store atmosphere terhadap kepuasan, pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung store atmosphere terhadap loyalitas, pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung perceived quality terhadap kepuasan, pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung perceived quality terhadap loyalitas, dan pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini adalah 176 responden yang ditarik dengan metode accidental sampling. Hasil pengujian dengan SmartPLS 3.0 Professional menunjukkan bahwa model pengukuran penelitian ini memenuhi validitas konvergen dan validitas diskriminan, serta semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini didukung data. Secara teoritis, hasil penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan teori loyalitas pelanggan; sedangkan secara pragmatis, diharapkan bermanfaat sebagai bahan penyusunan strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan boutique.
Keywords: store atmosphere, perceived quality, kepuasan, loyalitas, boutique
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):