Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Image, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty (Studi Terhadap Pengguna Smart Phone di Tarakan) Rahmat; Marso
Departemen Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh langsung brand experience terhadap brand image, brand satisfaction, dan brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Tarakan. Sampel penelitian ini terdiri dari 128 responden yang ditarik dengan metode nonprobability sampling. Software yang digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen serta menguji hipotesis penelitian ini adalah SmartPLS 3.0 Professional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand image, pengaruh langsung brand experience terhadap brand satisfaction tidak signifikan, pengaruh langsung brand experience terhadap brand loyalty tidak signifikan, brand image berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap brand satisfaction, pengaruh langsung brand image terhadap brand loyalty tidak signifikan, dan brand satisfaction berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Brand loyalty. Selain membahas hasil pengujian pengaruh langsung, peran brand image dan brand satisfaction sebagai variabel mediator juga dibahas dalam penelitian ini. Secara teoritis, hasil penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan anteseden loyalitas pelanggan; sedangkan secara pragmatis, temuan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan loyalitas pengguna Smartphone.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):