Studi Literatur Penugasan Pre-Class Reading untuk Memaksimalkan Efikasi-Diri Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika Shinta Faramita* dan Ida Kaniawati
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Efikasi-diri adalah keyakinan keandalan diri yang dimiliki seseorang untuk melakukan tugas ataupun mencapai tujuan yang spesifik berdasarkan kemampuannya untuk memahami kesulitan tugas, usaha yang perlu dilakukan, besar bantuan eksternal, situasi pada saat performansi, dan pola-pola keberhasilan dan kegagalan. Bentuk Penugasan Pre-Class Reading Task dapat memfasilitasi siswa meningkatkan efikasi-diri mereka sendiri melalui rasa tanggung jawab atas perkembangan diri mereka sendiri. Terdapat tiga kunci utama yang menentukan keberhasilkan penugasan ini, yaitu spesifikasi materi bacaan disesuaiakan dengan tujuan pembelajaran, pertanyaan yang diberikan merujuk buku teks secara eksplisit, dan umpan balik yang diberikan guru terkait penugasan. Jenis pertanyaan yang diberikan di akhir penugasan ini harus memuat tujuan pedagogik yang terdiri dari tiga tujuan utama, yaitu: konten, proses, dan metakognitif. Faktor-faktor penentu efikasi-diri siswa diantaranya: pengalaman keberhasilan individu (mastery experience), pengalaman keberhasilan orang lain (vicarious experience) yang dijadikan panutan, persuasi verbal (verbal persuasion), dan keadaan emosional (emotional state). Penugasan Pre-Class Reading diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan segala potensi yang mereka miliki dengan cara menumbuhkan rasa tanggung jawab atas diri mereka sendiri untuk mencapai sebuah tujuan, khususnya dalam pembelajaran fisika. Diharapkan efikasi-diri siswa akan meningkat sejalan dengan pengetahuan-diri yang mereka miliki.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):