Kepuasan Kerja: Karyawan RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara Dr. Dra. Hj. Misna Ariani,MM-1 Universitas Balikpapan Dra. Triwisanti, MM-2 Universitas Balikpapan Nurhasanah, SE-3 RSUD PPU
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BALIKPAPAN
Abstract
Abstrak Penerapan rumah sakit ramah lingkungan merupakan bagian dari alasan mengapa rumah sakit perlu berubah menuju pada pemenuhan konsep industri pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasar dan masyarakat. Kebutuhan pasar dan masyarakat terkini akan industri pelayanan kesehatan telah bergeser menuju industri dengan pelayanan yang memuaskan, aman, nyaman dan menjamin pengguna tidak menerima akibat negatif dari kegiatan pelayanannya. Pelayanan erat hubungannya dengan ketersediaan sumberdaya manusia yang empati terhadap pekerjaannya. Pelayanan prima yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan terhadap hasil kerjanya (prestasi kerja/kinerja). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan rumah sakit umum daerah Kabupaten Penajam Paser Utara. Populasi 70 orang karyawan, dengan menggunakan motode sensus, maka semua populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan tingkat kepercayaan 95% atau error 5%. Hasil penelitian bahwa disiplin kerja, komitmen organisasi dan komunikasi organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Dan secara parsial disiplin kerja, komitmen organisasi dan komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Dan, komunikasi yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja.
Keywords: disiplin, komitmen, komunikasi, kepuasan kerja
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):