Anteseden Pembelian Produk Pakaian Second-Hand Tanti Handriana, Akmala Faradiba, Masmira Kurniawati
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis anteseden pembelian pakaian second-hand (bekas pakai) di Surabaya. Sebanyak 200 responden yang terlibat dalam studi ini, yakni mahasiswa yang pernah membeli pakaian second-hand. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survei, dengan melalui penyebaran kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sementara teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Dari 6 hipotesis yang diuji, lima di antaranya diterima, yakni pengaruh variabel persepsi kontaminasi, sensitivitas harga, persepsi atas pakaian vintage (faktor ekspresi diri dan faktor asosiasi hijau), serta variabel konskuensi sosial terhadap frekuensi pembelian pakaian second-hand, sedangkan pengaruh kepedulian lingkungan terhadap frekuensi pembelian pakaian second-hand tidak terdukung. Hasil studi ini mengindikasikan perlunya menggalakkan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan terkait pembelian produk bekas pakai. Sementara itu, bagi para pelaku bisnis pakaian, peluang untuk merambah penjualan pakaian second-hand dengan pasar sasaran kaum muda semakin terbuka, dengan memilih tempat penjualan yang lebih berkelas, seperti di mall dan pusat-pusat perbelanjaan.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):