Profil Sikap Pada Pembelajaran Suhu dan Kalor Dengan Menggunakan Model ICARE Yoana Nurul Asri*, Dadi Rusdiana, dan Selly Feranie
Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Sikap merupakan salah satu hal penting dalam dunia pendidikan. Menjadikan siswa memiliki ketertarikan terhadap fisika merupakan model utama untuk pembelajaran selanjutnya. Hal ini dapat dilatihkan dengan pengajaran melalui model ICARE dengan tahapan introduction (pendahuluan), connection (koneksi), application (aplikasi), reflection (refleksi) dan extension (perluasan). Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa kelas sepuluh SMA di kota Bandung. Instrumen yang digunakan berasal dari skala sikap The Colorado Learning Attitudes about Science Survey (CLASS). Penelitian ini terbagi menjadi tiga tahapan: 1) persiapan termasuk studi literatur, pesiapan instrumen dan skenario pembelajaran; 2) penerapan, termasuk pemberian perlakuan pada sampel penelitian; dan 3) akhir termasuk teknik pengolahan data dan analisis hasil. Indikator dikatagorikan menjadi beberapa hal yaitu hubungan dengan dunia nyata, ketertarikan pribadi, kemauan/usaha, hubungan konseptual, penerapkan pemahaman konseptual, pemecahan masalah umum, pemecahan masalah kepercayaan diri, dan penyelesaian masalah pengalaman. Diantara indikator tersebut, penerapan pemahaman konseptual merupakan sikap yang paling menonjol diantara yang lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model ICARE dapat menumbuhkan sikap positif pada pembelajaran fisika.
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):