Konstruksi dan Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Materi Listrik Dinamis M. Hariri Mustofa*, Ida Kaniawati, dan Muslim
Jurusan Pendidikan Fisika SPs UPI Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengontruksi rancangan tes Keterampilan Berpikir Kreatif dan memperoleh informasi hasil-hasil penerapannya. Tes Keterampilan Berpikir Kreatif dibuat dalam bentuk uraian dalam materi listrik dinamis pada level SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dari hasil tes dan catatan penelitian. Pengujian validitas menggunakan professional judgement, sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan teknik test-retest dan diukur menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil professional judgment menunjukkan bahwa instrumen yang dibuat sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum dan layak digunakan. Reliabilitas berkategori sangat tinggi (0,97). Tingkat kesukaran yang berkategori mudah (38%), sedang (41%), dan sukar (21%). Daya pembeda soal yang berkategori baik (66%), cukup (24%), dan jelek (10%). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif yang terukur adalah fluency (79%), flexibility (78%), originality (51%), elaboration (41%), dan evaluation (33%). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, pertama konstruksi tes masih perlu perbaikan terutama yang berkaitan dengan aspek originality, elaboration, dan evaluation. Kedua, keterampilan siswa dalam hal mengungkapkan informasi dan menemukan masalah lebih baik dibandingkan dengan keterampilan menemukan solusi dan mengungkapkan evaluasi.
Keywords: keterampilan berpikir kreatif, materi listrik dinamis
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):