Menganalisis Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Menggunakan "Multiple-Ways of Rosengrant" Siska Mutia Hindayanti 1,a), Sapto Hermawan2,b)
1Guru Mata Pelajaran Fisika, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cisarua Bandung Barat, Jl. Kolonel Masturi No. 64 Cisarua, Bandung Barat, Indonesia, 40551
2Departemen Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Indonesia, 40154
a) mutiahindayantis[at]gmail.com (corresponding author) b) sapto.hermawan[at]student.upi.edu (corresponding author)
Abstract
Pembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton tentang Gerak merupakan proses belajar dan mengajar yang membahas hukum I Newton (Inersia), hukum II Newton (gerak benda) dan hukum III Newton (aksi-reaksi). Proses ini dilakukan oleh guru bidang studi Fisika menggunakan berbagai modus representasi yang terdisipliner. Selanjutnya dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah siswa SMA khususnya yang telah diterapkanya kurikulum 2013 revisi.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek untuk penelitian ini berjumlah 33 siswa SMA kelas X pada salah satu sekolah di Bandung Barat. Adapun Intrumen yang digunakan berupa soal-soal essay yang berbasiskan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah dilakukan secara pre-test dan post-test yang mengukur indikator Multiple-ways of Rosengrant yang terdiri dari; menggambarkan dan menerjemahkan, menyederhanakan, menunjukan secara fisis (free body-diagram), penggunaan persamaan matematis, dan penyelesaian masalah. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil dari penelitian diperoleh nilai persentase jumlah siswa yang konsisten dalam menggunakan setiap indikator yaitu kategori siswa pada indikator menggambarkan dan menerjemahkan 48,48%, menyederhanakan 27,28%, menggunakan free-body diagram 30,30%, menggunakan persamaan matematis 84,85%, dan penyelesaian masalah 84,85% dari jumlah seluruh subjek penelitian. Hasil ini termasuk dalam kategori peningkatan sedang menurut kriteria N-gain ternormalisasi dengan skor =0,4.
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, multiple ways of Rosengrant dan Hukum Newton Gerak Lurus
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):