PERAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE CONNECTED PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA Helfidayati (a*b), Harry Firman (b), Ida Kaniawati (b)
a) SMP N 1 Bangkinang, Kampar, Riau * sun_helfidayati[at]yahoo.com
b) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa melalui peranan bahan ajar IPA terpadu tipe connected pada tema pemanasan global yang disusun dengan teknik pengemasan kembali informasi (information repackaging). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ngamprah, Bandung Barat pada tahun akademik 2015/2016. Metode yang digunakan adalah mix methods embedded experimental design research dengan menggabungkan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Untuk tahapan kualitatif dengan cara deskriptif dan tahapan kuantitatif menggunakan rancangan kuasi eksperimen, yaitu pretest-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, kelas eksperimen dimana siswa menggunakan bahan ajar IPA terpadu tipe connected ,sedangkan kelas kontrol menggunakan buku yang ada di sekolah. Hasil tes diperoleh kenaikan rata-rata (N-gain) penguasaan konsep siswa sebesar 0,69 kelas eksperimen sedangkan 0,52 untuk kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar IPA terpadu tipe connected dapat meningkatkan hasil belajar pada penguasaan konsep siswa secara lebih baik dibandingkan buku yang ada di sekolah. Dengan demikian bahan ajar IPA terpadu tipe connected dapat dijadikan bahan ajar IPA alternatif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Selain itu bahan ajar IPA terpadu tipe connected juga memberikan dampak positif terhadap kemandirian siswa, motivasi dan aktivitas belajar siswa.
Keywords: Bahan ajar, IPA terpadu tipe connected, Penguasaan konsep siswa
If your conference is listed in our system, please put our logo somewhere in your website.
Simply copy-paste the HTML code below to your website (ask your web admin):